Senin, 20 Februari 2012

Ketentuan Umum LPBB CROPS 61 DOZEN



KETENTUAN LOMBA PERATURAN BARIS-BERBARIS (LPPB)
CROPS 61 DOZEN

  I.  KETENTUAN UMUM:
  1. Lomba Formasi Pengibaran Bendera diikuti oleh SMP/MTs se-JABODETABEK.
  2. Peserta dari tiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 pasukan yang terdiri dari 18 orang pasukan, 1 orang komandan, dan 2 orang cadangan dan 2 orang official.
  3. Peserta lomba wajib terdaftar sebagai siswa/i sekolah tersebut (bukan alumni).
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
  5. Seragam lomba bebas, tidak menggunakan atribut PPI.
  6. Juri lomba dari anggota PPI dan TNI.
  7. Supporter wajib minimal 10 orang.
  8. Peserta hanya diperbolehkan tampil setelah menyelesaikan administratif.
  9. Waktu tampil peserta adalah 17 menit.
  10. Tiap sekolah hanya berhak mengirimkan maksimal 1 tim dan wajib mengirimkan 3 orang untuk mengikuti LHc.
  11. Saat lomba berlangsung dilarang menyebutkan nama sekolah.
  12. Lomba ini berdasarkan SK: SKEP/611/IX/1985 yang merupakan PBB dasar murni.

II.  KETENTUAN KHUSUS:

A.   PESERTA
  1. Perlengkapan yang dibawa peserta yaitu map yang berisikan formulir, daftar nama peserta, profil komandan, format bentuk formasi, format bentuk variasi, dan surat keterangan sekolah yang diserahkan paling lambat pada saat H-2 Technical Meeting. Penggantian nama peserta maksimal H-3 perlombaan.
  2. Peserta wajib mengikuti apel pembukaan dan diwakili oleh minimal 5 orang peserta dan siap 15 menit sebelum apel dimulai.
  3. Pergantian anggota pasukan:
    • Pergantian anggota dapat dilakukan sebelum masuk ke Daerah Persiapan 1 dan terlebih dahulu memberi konfirmasi kepada panitia.
    • Pergantian anggota hanya dapat dilakukan apabila anggota yang bersangkutan tidak memungkinkan kembali tampil.
    • Anggota pengganti adalah anggota yang tercatat pada panitia sebagai anggota cadangan.
    • Pergantian anggota yang tidak sesuai dengan ketentuan akan mendapatkan pengurangan nilai.
  4. Peserta dilarang melakukan latihan dalam bentuk apapun di area lomba pada hari-H dan apabila melanggar maka akan di diskualifikasi.
  5. Peserta wajib menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan area lomba.

B.   SERAGAM / PAKAIAN PESERTA
  1. Pakaian regu peserta bebas tapi rapi, bersih, sopan, dan tidak menggunakan atribut PPI.
  2. Penilaian mengenai keseragaman regu peserta meliputi kelengkapan dan  keseragaman atribut, kecuali komandan pasukan dapat dibedakan atributnya.
  3. Nomor urut regu peserta dikenakan oleh komandan pasukan pada pinggang kanan.

C.   SUPPORTER
  1. Supporter dapat memberikan dukungan dengan kepada peserta lomba dengan tetap menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan lingkungan, dan sportifitas.
  2. Supporter dilarang keras membawa senjata tajam, senjata api, minuman keras, dan narkoba dalam bentuk apapun.
  3. Supporter tidak diperkenankan memberi isyarat apapun pada peserta lomba, dan apabila melanggar akan mendapat pengurangan nilai pada penilaian akhir.
  4. Setiap supporter wajib membeli tiket masuk.

D.   KEJADIAN KHUSUS
      Apabila saat pelaksanaan lomba terjadi hujan:
  • Gerimis, maka lomba tetap dilanjutkan.
  • Deras sebelum semua gerakan PBB dilaksanakan, pasukan dipersilahkan untuk membubarkan diri dan waktu akan dihentikan. Setelah hujan reda, penilaian dilanjutkan dari gerakan yang terakhir/terhenti.

III.    KETENTUAN LOMBA:
  1. Regu yang akan tampil melakukan persiapan di Daerah Persiapan ( DP ) 15 menit sebelum tampil.
    • Catatan :
    • Daerah Persiapan I ( DP I ) : Pemotretan dan pemeriksaan atribut
    • Daerah Persiapan II ( DP II ) : Persiapan tampil
  2. Peserta masuk ke area lomba kemudian menghadap ke juri utama yang berada di depan museum.
  3. Penilaian dan perhitungan waktu dimulai pada saat juri lapor / juri utama memberi aba – aba / perintah “Laksanakan” dan diakhiri pada saat juri utama memberi aba – aba / perintah “Bubarkan”.
  4. Materi lomba dilakukan secara berurutan dan apabila ada gerakan tambahan diluar materi tidak akan dihitung dan waktu akan tetap berjalan.
  5. Komandan pasukan memimpin penghormatan umum kepada dewan juri dari samping kanan pasukan kemudian melaksanakan lapor kepada juri utama sebagai berikut “Lapor, peserta dengan nomor urut …… siap melaksanakan lomba”, setelah melaksanakan lomba komandan pasukan memberi laporan “Peserta dengan nomor urut  ....... telah mengikuti lomba, laporan selesai”. Posisi komandan pasukan pada saat melapor pada juri adalah di depan juri utama dan di tengah pasukan. Kemudian komandan pasukan memimpin penghormatan terakhir kepada dewan juri dari samping kanan pasukan.
  6. Posisi komandan pasukan pada pelaksanaan lomba berada di satu titik dekat juri.
  7. Peserta tampil maksimal 17 menit, jika melebihi batas waktu yang ditentukan, maka dapat menyebabkan pengurangan nilai.

IV.      KETENTUAN PEMENANG LOMBA:
          1. Kategori pemenang lomba:
              · Tim dan/ Kelompok:   -  Juara Umum, I, II, III
                                                       -  Formasi dan Variasi terbaik
                                                       -  Kostum Terbaik
              ·   Peseorangan          :   -  Komandan terbaik
            2. Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai tertinggi yang diraih berdasarkan
                penilaian dewan juri.
            3. Apabila terdapat perolehan nilai yang sama, maka urutan jumlah nilai yang menjadi
                pertimbangan utama adalah:
             · Gerakan dasar ditempat
             · Gerakan berjalan
             · Gerakan berhenti ke berjalan / berjalan ke berhenti
             · Gerakan berjalan ke berjalan
             · Gerakan variasi dan formasi
             · Komandan
             · Kostum
             · Pengurangan nilai

V.  TATA TERTIB:
  1. Peserta lomba wajib tiba di tempat perlombaan paling lambat 15 menit sebelum apel pembukaan dimulai.
  2. Peserta, penonton, dan para undangan wajib menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan di area lomba.
  3. Peserta dan para undangan wajib berpakaian rapi dan sopan.
  4. Bagi peserta lomba yang 3 kali mendapat panggilan lomba tidak hadir maka akan dipindahkan ke nomor urut terakhir dan akan mendapat pengurangan nilai, jika tidak hadir kembali maka dianggap mengundurkan diri.
  5. Peserta dan penonton dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan narkoba dalam bentuk apapun.
  6. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

     VI. MATERI GERAKAN
  1. Laporan
  2. Bubar jalan
  3. Bersaf kumpul
  4. Sikap sempurna
  5. Penghormatan
  6. Berhitung
  7. Istirahat di tempat
  8. Periksa kerapihan
  9. Setengah lengan lencang kanan
  10. Lencang kanan
  11. Hadap kanan
  12. Lencang depan
  13. Hadap kiri
  14. Hadap serong kanan
  15. Hadap serong kiri
  16. Balik kanan
  17. Jalan di tempat
  18. 6 langkah kanan
  19. 6 langkah kiri
  20. 6 langkah depan
  21. 6 langkah belakang
  22. Hadap kanan langkah tegap maju
  23. Hadap kiri henti
  24. Hadap kiri langkah tegap maju
  25. Hadap kanan henti
  26. Langkah berlari
  27. Langkah merdeka
  28. Langkah biasa
  29. Langkah tegap
  30. Hormat kanan
  31. Tiap-tiap banjar dua kali belok kanan
  32. Belok kanan
  33. Belok kiri
  34. Dua kali belok kiri
  35. Buka tutup barisan
  36. Ganti langkah
  37. Variasi
  38. Formasi

  • Gerakan harus dilakukan secara urut.
  • Dipersilahkan menambahkan gerakan namun tidak dinilai.
  • Setelah laporan, dari depan museum sikap lari dan bernyanyi sampai garis finish.

Jumat, 10 Februari 2012

Ketentuan Umum LHc CROPS 61 DOZEN



KETENTUAN LOMBA HANDICRAFT (LHc)
CROPS 61 DOZEN


I. Ketentuan Peserta
  1. Peserta terdaftar sebagai siswa/i SMP/MTs sederajat se-Jabodetabek.
  2. Peserta lomba terdiri dari 3 peserta dan 1 cadangan.
  3. Tiap sekolah hanya berhak mengirimkan maksimal 1 tim.
  4. Peserta dilarang memakai atribut PPI (purna Paskibraka Indonesia) dan sejenisnya (lencana, topi, dll).
  5. Pergantian nama peserta lomba dapat dilakukan maksimal H-3.
  6. Peserta wajib mengikuti technical meeting.
  7. Peserta wajib mematuhi tata tertib perlombaan yang sudah ditentukan.

II. Ketentuan Lomba
  1. Waktu pelaksanaan lomba selama 3 jam.
  2. Peserta wajib berada di tempat lomba 15 menit sebelum lomba dimulai.
  3. Bahan wajib dalam handicraft tiap peserta adalah KULIT TELUR.
  4. Pakaian yang digunakan saat perlombaan adalah seragam batik dari masing-masing sekolah.
  5. Saat lomba berlangsung tidak diperbolehkan menyebut nama sekolah.
  6. Perlengkapan yang disediakan panitia : tempat pelaksanaan.
  7. Perlengkapan yang dibawa peserta : bahan dan media perlombaan.
  8. Pada hari H perlengkapan untuk membuat handicraft dititipkan pada panitia di pintu masuk.
  9. Peserta wajib menjaga kebersihan sebelum, selama, dan sesudah perlombaan.
.
III. Kriteria Penilaian dan Materi Lomba
  1. Kriteria             : hasil karya dan kerja kelompok
  2. Materi lomba   :
·         Media yang digunakan
·         Kesesuaian karya dengan tema
·         Kreatifitas
·         Keunikan
·         Kebersihan
·         Kekompakan tim
·         Kelengkapan
·         Teknik pengerjaan
·         Ketetapan waktu

IV. Juri Lomba
  1. PPI
  2. Guru SMAN 61
V. Pendaftaran lomba
  1. Uang pendaftaran : Rp. 50.000

Ketentuan Umum LRP CROPS 61 DOZEN


KETENTUAN LOMBA RALLY PHOTO (LRP)
CROPS 61 DOZEN

I. Ketentuan Umum
1.    Peserta                                      : Siswa/i SMP/SMA/Sederajat Se-Jabodetabek
2.   Jumlah Peserta                           : Perorangan
3.   Pembagian Waktu
·        Hunting                                : 07.30 - 11.00 WIB
·        Cuci Cetak                            : 11.00 - 12.30 WIB
·        Pengumpulan                        : 13.00 WIB
·        Penilaian                              : 13.30 - 14.30 WIB
·        Pengumuman                        : 17.00 WIB
4.   Ukuran Foto                              : 10 R
5.   Uang Pendaftaran                       : @ Rp. 50.000,-
6.   Seragam Lomba                          : Seragam sekolah
7.   Perlengkapan yang disediakan      : Name tag (tanda peserta)
8.   Perlengkapan pribadi peserta       : Peralatan Fotografi
9.   Juri Lomba                                : PPI Jakarta Timur
  Fotografer
10. Kriteria Penilaian dan Materi Lomba
·        Kesesuaian dengan Tema
·        Judul Foto
·        Tingkat Kesulitan
·        Teknik Pengambilan
·        Warna Foto

II. Peraturan

1.      Tiap sekolah boleh mengirim lebih dari 1 peserta.
2.      Peserta wajib mendaftar ke panitia pelaksana sebelum pendaftaran di tutup.
3.    Peserta wajib menyelesaikan segala urusan administrasi (uang pendaftaran, kelengkapan data peserta, dll).
4.  Peserta wajib menunjukkan kartu pelajar (asli/fotokopi). Jika tidak ada bias diganti dengan surat keterangan dari pihak sekolah.
5.      Peserta wajib mendaftar ulang ke panitia saat hari pelaksanaan lomba.
6.      Peserta adalah siswa/siswi SMA/sederajat.
7.      Kamera yang digunakan bebas kecuali kamera polaroid.
8.      Lokasi pengambilan gambar hanya diperbolehkan di dalam daerah Museum Purna Bhakti Pertiwi.
9.      Toleransi pengumpulan foto 30 menit. Selebihnya foto tidak diterima.
10.   Menggunakan tanda peserta yang diberikan panitia. Bila saat pengumpulan foto tidak ada tanda peserta, maka foto tidak diterima.
11.   Foto murni hasil skill (kemampuan dan keahlian) teknik fotografi yang dimiliki peserta.
12.   Peserta hanya boleh mengumpulkan 1 foto untuk dinilai oleh juri.
13.   Peserta harus menjaga sikap dengan orang lain.
14.   Peserta tidak boleh mengganggu jalannya perlombaan.
15.   Kehilangan barang-barang peserta bukan merupakan tanggung jawab panitia pelaksana.
16.   Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

III. Larangan-larangan

1.      Peserta dilarang membawa/mengkonsumsi minuman keras/obat-obatan terlarang/senjata tajam/rokok.
2.     Peserta dilarang membuat kekacauan/kerusakan.
3.     Peserta dilarang mengganggu peserta lain.
4.     Peserta dilarang mengganggu lomba dan acara lain yang sedang berlangsung.
5.     Peserta dilarang menggunakan kamera polaroid.
6.     Peserta dilarang menumpang/meminjam alat kepada peserta lain.
7.     Peserta dilarang berbuat curang dalam bentuk apa pun.
8.     Peserta dilarang menghilangkan/tidak menggunakan tanda peserta selama lomba dan acara berlangsung.
9.     Peserta dilarang mengambil gambar di luar lokasi perlombaan dan acara CROPS 2012.
10.   Peserta dilarang memberi sogokan berupa apa pun kepada panitia.
11.  Peserta dilarang melakukan kerjasama demi mendapatkan juara secara tidak benar dalam bentuk apa pun.
12. Peserta dilarang mengedit foto dengan software computer/personal computer/laptop/notebook/dsb.
13.   Peserta dilarang melawan panitia dalam bentuk tindak kekerasan.
14.   Peserta dilarang mengambil foto yang bersifat asusila.

Ketentuan Umum LCCP CROPS 61 DOZEN


Ketentuan Lomba Cerdas Cermat Paskibra (LCCP)
CROPS 61 DOZEN

I. Ketentuan Umum
1. Peserta adalah siswa/i  SMA/SMK/MA se-Jabodetabek yang masih terdaftar dalam sekolah yang bersangkutan
2.  Peserta wajib mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran beserta surat keterangan sekolah yang telah ditandatangani kepala sekolah masing-masing, dengan batas waktu sampai dengan technical meeting.
3.     Peserta wajib menghadiri technical meeting

II. Ketentuan Khusus
1.       Peserta                                 : Siswa/I SMA/SMK/MA se-Jabodetabek
2.       Jumlah Peserta                 : Tiap sekolah 3 orang + 1 cadangan
3.       Pakaian                                : Seragam sekolah masing-masing (penyisihan) PDU (final)
4.       Juri Lomba                          : PPI Jakarta Timur
5.       Kriteria Penilaian            :
                   Babak                 
Nilai Terjawab
Nilai Salah
Soal
Penyisihan
-
1
0
50 soal
Final Babak 1 (Amplop)
5
10
0
@10 soal
Final Babak 2 (Rebutan)
½ point jawaban benar
15
-10
20 soal
Final Babak 3 (Trivia)
10 s/d 100
-
10 soal

6.       Materi Lomba                    :
a.       UU No. 24 Tahun 2009
b.      Peraturan Baris Berbaris
c.       Tata Upacara Bendera
d.      Sejarah Bendera
e.      Pengetahuan umum Indonesia dan CROPS DOZEN
f.        Pengetahuan umum mengenai Ibu Kartini

7.       Perlengkapan                    :  
a.       Alat tulis (penyisihan)
b.      Bendera latihan dan baki bendera (final)

III. Teknis Pelaksanaan
1.       Babak Penyisihan
·         Berisi 50 soal mengenai materi-materi yang sudah ditentukan.
·         Soal berupa pilihan ganda, yang akan dikerjakan dalam Lembar Jawaban Komputer.
·         Sitem penilaian, 1 poin untuk setiap jawaban benar, tidak ada sistem minus, penilaian menggunakan scanner LKJ. Nilai diakumulasikan per tim sekolah.
·         Peserta diberi waktu 120 menit untuk mengejakan soal yang telah diberikan.
·         Babak Penyisihan akan dilaksanakan di SMAN 61 Jakarta.
2.       Babak Final
a.       Amplop
·         Terdapat 5 amplop dengan isi soal yang berbeda yang akan diambil oleh masing-masing perwakilan dengan urutan mulai dari sekolah yang memiiki point terbesar saat babak penyisihan
·         Setiap regu akan mendapatkan 1 amplop yang berisi 10 soal. Bagi regu yang tidak dapat menjawab soal yang telah diberikan, soal akan dilempar kepada regu berikutnya.
·         Sistem penilaian, 10 point untuk jawaban benar dan lengkap dan 5 point untuk jawaban benar tetapi kurang lengkapn dan tidak ada pengurangan nilai bila jawaban salah. Penilaian berdasarkan keputusan juri.
·         Peserta diberikan kesempatan berfikir ketika mendapat soal selama 30 detik. Lebih dari itu soal akan dilempar ke regu berikutnya.
·         Babak final (amplop) akan dilaksanakan di Payung Besar Museum Purna Bhakti Pertiwi.
b.      Rebutan
·         Terdapat 20 soal yang akan diperebutkan oleh 5 regu.
·         Regu yang menekan bel terlebih dahulu, akan diberikan kesempatan untuk menjawab.
·         Setiap regu diberikan waktu 30 detik untuk berfikir setelah mendapatkan soal.
·         Setiap jawaban benar 15 point.
·         Jika peserta salah, tidak menjawab atau jawaban kurang tepat maka tim tersebut akan dikurangi 10 point dan soal dapat dilempar kepada regu lain.
c.       Trivia
·         Soal pada babak trivia berjumlah 10 soal.
·         Peserta yang menekan belterlebihdahulu dipersilahkan menjawab soal yang diberikan.
·         Jawaban benar bernilai 10 untuk soal pertama, 20 untuk soal ke-2, dan seterusnya hingga bernilai 100 pada soal ke-10
·         Jika peserta salah, tidak menjawab maka regu tersebut dikurangi 15 point dan soal dapat dilempar kepada regu lain.
·         Jika peserta menjawab kurang tepat, akan mendapat ½ point dari jawaban benar.